Jumat, 06 Januari 2012

gak ada kerjaan - review teenlit "Jingga Dalam Elegi"

well, ini emang udah telat banget kalo untuk review. secara ini buku terbitnya udah lama parah. tapi berhubung gue jatuh cinta dan lagi nggak ada kerjaan, jadi suka-suka gue kek *ngasah golok*


dari jaman Cleopatra masih pake pampers, udah jadi trend kalo abis baca buku pasti nge-review. dan gue sebagai ABG Super Gahoel pun gamau ketinggalan.


ini adalah novel ke-enam (kalo ga salah, kalo salah ya dimaapin gue kan bukan maknye Esti Kinasih) karya Mbak Esti Kinasih nan kece. Jingga Dalam Elegi ini buku kedua dari trilogi Jingga dan Senja. Jingga dan Senja, Jingga Dalam Elegi, Jingga Untuk Matahari. kenapa gue nge-review buku keduanya dan bukan buku pertama? karena, Jingga dan Senja endingnya sangat gantung. bener-bener gak ada kesimpulannya. jadi mendingan buat elo-elo yang kelewat telat belom baca trilogi ini, mending kalo mau beli atau minjem Jingga dan Senja, sekalian pinjem Jingga Dalam Elegi-nya juga. kalo enggak, dijamin mati penasaran.


jadi... gue ngefans berat sama karya-karyanya Mbak Esti Kinasih. sejak pertama kali minjem "Dia, Tanpa Aku" punya Elsa, gue yakin karya-karya Esti Kinasih yang lain juga brilliant. dan sekarang gue belom baca yang "Cewek!!!" (judulnya agak nyolot sih -_-v but don't judge book by its title) tapi gue udah baca yang "Still..." jadi, paling enggak gue tau garis besarnya.


oke, kembali me-review. baru kali ini gue baca novel sampe niat banget buat begadang. Jingga dan Senja selesai kira-kira... jam 1 atau jam 2 pagi gue lupa. dan yang Jingga Dalam Elegi... yah, sebut aja kalo bokap gue gak bangun buat tahajud -dan yang pasti gue bakal diomelin karena belom tidur-, gue pasti lanjut terus sampe pagi. yap, gue baca novel sampe jam setengah empat pagi sambil bercucuran air mata *hiperbol*


novel ini bener-bener rapih. smart. walaupun di awal superboring karena menurut gue di bagian yang Tari harus rutin ngelaporin ke Ata tiap hari, tiap detik, pokoknya tiap Ari ngegangguin Tari itu agak... yah, bertele-tele dan so what *sok ngerti amat sih lu* tapi justru bagian itu yang akan jadi kunci dari cerita ini *sok ngerti lagi*. yah, tapi emang begitu. gue sampe harus ngebaca lagi bagian-bagian Tari ketemuan sama Ata. padahal gue anti banget baca novel dua kali.


kalo yang nggak gue suka dari novel ini, secara pribadi sih, karena ni novel terlalu banyak konotasinya. permainan katanya. terlalu nyastra kalo kata Esti Kinasih. dan gue suka mules sendiri kalo baca kata-kata yang penuh perandaian itu. sampe gue sadar bahwa gue mules ternyata karena kebelet boker. setelah boker, gue baca lagi kata-kata yang penuh perandaian itu dan tetep nggak ngerti. jadi gue menerapkan ilmu yang diajarin Arip Poconggg: pura-pura ngerti. *ngomong ape sih*


oh iya, tadi kan gue sempet bilang kalo gue baca novel ini sampe becucuran air mata. memang. bukan karena cinta-cintaannya atau something like that, tapi karena ngebaca surat dari Ata buat Ari. spoiler dikit yaaaa, lagian kan banyak juga yang udah baca. bagi yang belom baca, derita lo neeeek *ceritanya ngondek*. ini bagian favorit gue dimana airmata dan ingus gue langsung antri pengen keluar.


get ready. spoiler nih. jadi kalo gamau liat tutup aja tabnya. okay here we go.


Dengan tangis yang mulai mencapai pangkal tenggorokan, Ari meraih benda yang lain. Kali ini sebuah plastik berisi beberapa butir permen aneka rasa. Entah apakah permen-permen ini juga masih bisa dimakan. Pada secarik kertas yang tertempel di plastik bagian luar, Ata menulis...


Ari, Ata minta maaf ya kalo suka nakalin Ari. Nanti kalo kita ketemu lagi, Ari nggak akan Ata nakalin lagi deh. Ata janji.

Nih, Ata kasih permen. Belinya pake duit Ata sendiri. Nggak minta sama Mama.


OMG.

emang gitu doang sih. rada lebay juga kalo gue sampe nangis. tapi kalo lo baca surat-surat sebelumnya, pasti lebih afdol. dan gue gak mungkin dong nulisin semua suratnya. keterlaluan gue -_-


dan satu lagi. Ari itu bener-bener cowok sempurna. kayaknya di dunia ini nggak ada deh cowok kayak Ari. tempramen, memang. tapi kan itu karena dia broken-home. tapi kalo misalnya Ari butuh nangis, dia akan nangis bahkan di depan cewek sekalipun. terus dia juga smart. nggak sombong. royal. walaupun trouble-maker, tapi dia juga punya sisi melankolis dan yang perlu elo-elo tau, dia nggak pernah keluar dari peringkat 5 besar di kelasnya, walaupun dia rajanya tawuran. emang, prince charming kaya gitu cuma ada di dongeng-dongeng doang. tapi kalo emang ada cowok kaya gitu, gue ga akan segan-segan untuk ngelamar. gak deng. dan gue yang emang gampang klepek-klepek sama cowok cool, (FYI, gue udah jatuh cinta sama Kent di "Eiffel, Tolong!", Rocky di "Miss Cupid", dan Davi di "Fairish") langsung jatuh cinta berat sama Ari. sama novelnya juga sih.


oh iya, anyway, gue belom baca yang ketiga. Jingga Untuk Matahari. dan gue ga tau kapan lagi bisa mampir ke Gramedia atau toko buku lainnya. buat yang punya, hubungi gue yaa.


sekian dulu review ga jelas yang gue ragu apa bisa dibilang review.


dan buat elo-elo semua yang belom baca, buruan baca. buat elo-elo semua yang gapunya duit (anyway, Jingga dan Senja sama Jingga Dalam Elegi kalo ditotal harganya Rp92000), buruan pinjem. pinjem sama gue juga gapapa. asalkan rumah lo nggak di pedalaman Zimbabwe dan bisa menjamin kerapian buku, gue pasti dengan senang hati meminjamkan.


dijamin nggak nyesel dan jatuh cinta deh! :D


TTYL,

calon bininya Cody Simpson.


2 komentar:

  1. asik banget lo nyampeinnya... ngakak gw bacanya.....ya ampun mendadak gw ngerasa jdi orang bloon krn belum baca. Dan kayaknya lo musti tanggung jwb buat minjemin gw novelnya *ngasah pedang. Eh sok asik banget yah gw, udah gitu komennya panjang lagi.. kabur ah..!! dadaaaaa booo'

    BalasHapus
  2. omggggg thankyou for reading :'''') ininih aku pinjemin *lemparnovel*

    BalasHapus

terima kasih sudah membaca. bagi yang mau memberi komentar, kritik, saran, atau saweran, dipersilahkeun. feel free!